Polres Metro Gelar Pasukan Ops Ketupat Krakatau 2023




Polres Metro Polda Lampung,  Bersama Instansi terkait, Polres Metro laksanakan  apel Gelar Pasukan Operasi “KETUPAT KRAKATAU 2023” di Halaman  Polres Metro Polda Lampung, Senin (17/4/2023).

 

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho S.IK, M.IK di dampingi oleh Walikota Metro yang dalam kesempatan ini di wakili oleh Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat dalam kesempatan menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si disampaikan bahwa Apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait.

 

Dalam amanat yang disampaikan bahwa pelaksanaan operasi Ketupat Krakatau 2023 dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023 dengan fokus pengamanan masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara dan Kapolri juga dalam amanat tersebut menyampaikan penekanan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu” hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik”.

 

Disamping menyampaikan penekan dar Presiden, Kapolri juga memberikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu sebagai berikut:  

 

1. laksanakan tugas dengan sungguhsungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua. 

 

2.  kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani sop, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”presisi” sebagaimana harapan masyarakat. 

 

3.  pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal. 

 

4. berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat. 

 

5. pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media tv-radio nasional maupun lokal, serta media streaming polri tv-radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

 

6. perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat 2023.

 

Diakhir membacakan amanat Kapolri, Kapolres Metro menyampaikan kepada seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ketupat 2023 diantaranya jaga stamina dan kesehatan, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, laksanakan pengamanan secara professional dan humanis, gelar kekuatan polri pada pos-pos pengamanan, dorong tempat wisata, pusat perbelanjaan untuk menerapkan aplikasi peduli lindungi, satgas pangan harus menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga dan terakhir mantapkan kerja sama, sinergi, dan solidaritas pada pihak-pihak yang terlibat pengamanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Waktu 24 Jam Sat Resnarkoba Polres Metro Tangkap 4 Remaja Pengguna Narkoba

Operasi Patuh Krakatau 2024 Segera Digelar: Polda Lampung Gencar Tertibkan Pengendara

Polres Metro Kembali Amankan Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Jenis Sabu