Cegah Paham Radikalisme, Polres Metro berikan Pembinaan dan penyuluhan di Ponpes


Dalam mengoptimalisasikan pencegahan Kontra Radikal dan Deradikalisasi, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Metro Polda Lampung bersama Satgas 2 Ops Bina Waspada Krakatau 2023 memberikan pembinaan dan penyuluhan radikalisme kepada tokoh agama dan masyarakat di Ponpes  Ponpes Darul A’mal dan Ponpes Rhoudlatul Qur’an Kel. Mulyojati Kec. Metro Barat Kota Metro, Sabtu (3/6/2023).

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho SIK., M.IK melalui Kasat Binmas AKP Resmawati, SH mengatakan, pencegahan paham radikalisme bukan tugas Polri semata, melainkan tugas dari semua pihak serta peran dari tokoh agama dan masyarakat. “Paham radikalisme dapat kita cegah mulai dari pembentukan pola pikir. Contohnya kegiatan penyuluhan, FGD, membentuk kesepakatan bersama, mengikuti seminar-seminar keagamaan dan juga melalui pola kerja sama dan kemitraan polri dengan ormas-ormas maupun tokoh masyarakat,” terang AKP Resmawati, SH.


Selain itu, Kasat Binmas Polres Metro juga menekankan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan agar ideologi Pancasila tidak tergerus ideologi yang lain. AKP Resmawati menyatakan, paham radikalisme dan terorisme merupakan salah satu ancaman nyata yang dapat berimplikasi pada dinamika di suatu negara, serta dampaknya mampu menciptakan rasa tidak aman pada masyarakat luas. “Siapa saja dapat terpengaruh paham radikal dan intoleransi. Tidak hanya golongan tertentu saja, melainkan pengaruh tersebut tidak memandang umur, pekerjaan dan status sosial,” terang Kasat Binmas.

Karena alasan itu, Kasat Binmas Polres Metro bersama anggota yang terlibat Ops Bina Waspada Krakatau 2023 mengajak ormas dan para tokoh agama serta masyarakat, bersama-sama mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme di wilayah Kota Metro demi menjaga pesatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan bangsa.(Hms/Juni2023)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Waktu 24 Jam Sat Resnarkoba Polres Metro Tangkap 4 Remaja Pengguna Narkoba

Operasi Patuh Krakatau 2024 Segera Digelar: Polda Lampung Gencar Tertibkan Pengendara

Polres Metro Kembali Amankan Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Jenis Sabu