Siap Amankan Pilkada, Polres Metro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024


Polres Metro Polda Lampung, Berlokasi di lapangan apel, Polres Metro melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2024 yang diikuti oleh  jajaran TNI, POLRI serta Instansi terkait Dishub dan Satpol PP sebagai upaya pengamanan dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024 di Wilayah Kota Metro.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan tersebut adalah Sekertaris Daerah Kota Metro bapak Ir. Bangkit Haryo Utomo dan di dampingi Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho. S.IK, M.IK.

 

Apel digelar untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polri dan instansi terkait sebelum diterjunkan ke lapangan. Sehingga diharapkan semua perencanaan yang sudah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal guna mensukseskan pelaksanaan pilkada yang aman.

 

Dalam sambutannya, Sekda Kota Metro membacakan amanat Kapolres Metro yang di dalamnya berisi pentingnya sistem pengamanan yang solid dan terkoordinasi untuk memastikan kelancaran tahapan Pilkada 2024. "Sistem pengamanan kota Metro yang kita laksanakan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah tindakan kita dalam rangka persiapan pengamanan pentahapan Pilkada tahun 2024", ujarnya.

 

Sementara Kapolres Metro mengatakan "Polres Metro mengharapkan dukungan seluruh pihak yang ada di Kota Metro, termasuk pelibatan mitra kamtibmas, instansi pemerintah, maupun komponen masyarakat, sehingga tidak ada lagi keraguan menghadapi tugas - tugas di lapangan.”

 

Di sisi lain, Polri juga berencana menggelar program cooling system untuk mengantisipasi polarisasi akibat perbedaan pandangan politik, disinformasi, propaganda, kampanye hitam, dan hoaks selama proses Pilkada.

 

Ia juga menekankan pentingnya penguatan strategi komunikasi publik melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sebelum, selama, dan setelah Pilkada.

 

 "Terus lakukan pemetaan potensi konflik sosial secara detail di setiap wilayah yang ada di Kota Metro dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah", ujarnya.

 

Operasi Mantap Praja Krakatau 2024-2025 akan dimulai pada 27 Agustus 2024 dan berlangsung selama seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dalam Waktu 24 Jam Sat Resnarkoba Polres Metro Tangkap 4 Remaja Pengguna Narkoba

Operasi Patuh Krakatau 2024 Segera Digelar: Polda Lampung Gencar Tertibkan Pengendara

Polres Metro Kembali Amankan Dua Pelaku Penyalahguna Narkoba Jenis Sabu